Bisa Baca Peta Mudahkan Pekerjaan

Warta Tawon Saturday, 23/04/2016



Mencari titik dan lokasi di kebun Site PT GMP akan menjadi mudah jika kita mampu membaca peta dengan baik dan benar. Kemampuan membaca peta dengan baik dan benar sebaiknya tidak hanya menjadi kewajiban para personel yang setiap hari berjibaku di kebun, mereka yang jarang ke kebun atau tidak setiap hari menjamah kebun juga perlu memiliki kemampuan ini.

seperti Agus Putu. Salah satu anggota Satpam yang bertugas di bagian Reserse ini menyadari betul penting bisa membaca peta. Bahkan dia membawa peta seluruh divisi di dalam tas slempangnya. Alasannya, cakupan wilayah kerjanya meliputi seluruh Site Gunung Madu, sehingga ketika ada tugas mendadak untuk menuju satu titik dan lokasi, dia bisa segera sampai dengan cepat tanpa terlambat.

Agus Putu berupaya membaca peta bukan atas instruksi siapa pun. Dia berinisiatif sendiri dengan cara meng-copy lampiran peta dari tiap divisi. Awalnya sudah pasti bingung. Tapi kebingungannya mencair setelah belajar membaca peta dengan seorang pengawas pertanian Divisi II. “Saya ingat betul belajar baca peta dibantu seorang petugas pertanian saat nongkrong di tower pengawas kebun,” ujarnya saat berbincang dengan Tawon belum lama ini. Agar mudah membaca peta topografi, pertama-tama Agus Putu selalu akan mencari arah utara. Setelah ketemu arah utara, dia baru akan membaca peta dengan mencari jalan utama (main road). Mainroad yang membentang dari barat ke timur ini menjadi patokan kebun di GMP membentang sepanjang jalan utama ini.

Setelah ketemu mainroad, dia akan membagi wilayah sesuai letak kebun. Yakni areal yang berada di utara dan selatan mainroad. Peta kebun GMP juga sangat informatif. Khusus peta Divisi II paling lengkap dengan tertera keterangan BU (barat utara), BS (barat selatan), TU (timur utara), dan TS (timur selatan). BU (barat utara) berarti lokasi kebun berada di barat mainroad dan di utara pabrik. Sedangkan BS (barat selatan) berarti lokasi kebun berada di barat mainroad dan di selatan pabrik. Sementara TU (timur utara) berarti lokasi kebun berada di timur main road dan berada di utara pabrik. Terakhir, TS (timur selatan) berarti lokasi kebun berada di timur mainroad dan berada di selatan pabrik.


Bagi personel Departemen Plantations, membaca peta kebun sangat amat mudah. Bahkan tanpa harus menghadap arah utara mereka sudah mudah menentukan lokasi. Bahkan tanpa membawa peta pun mereka sudah mampu blusukan dari satu kebun ke kebun lain. Agus Putu merasakan manfaat dapat membaca peta kebun. Terutama saat dia mendapat perintah komandan untuk merapat ke suatu titik lokasi, dia tidak perlu lagi berulang kali meminta penjelasan. Tinggal merespons perintah, lalu membuka peta, menentukan lokasi, segera berangkat, dan sampai tujuan. Untuk memudahkan tugas, Agus juga mengarsir titik-titik rawan kejahatan di peta yang ada di genggamannya. Seperti daerah rawan pencurian sawit diarsir warna hijau. Sedangkan titik rawan begal diarsir warna hitam. Begitu pula titik rawan kebakaran diarsir  dengan warna merah.

Penandaan secara khusus ini diperlukan untuk memberikan perhatian lebih ketika patroli. Juga untuk lebih memudahkan mencari jalan menuju lokasi ketika harus segera tiba di lokasi saat berlangsung kejadian. Rekan sesama anggota Korps Satpam lain, Giyadi juga melakukan hal sama. Dalam menjalankan tugas dia selalu membawa lembar peta. Maklum, lokasi kerjanya lebih banyak melakukan patroli kebun ketimbang di kantor.

Bagi jajaran Satpam, kemampuan membaca peta ini cukup penting, sebab setiap personel Satpam harus siap ditugaskan di seluruh wilayah Gunung Madu. Dengan kemampuan membaca peta wilayah baik dan benar, dia tidak akan gagap ketika harus pindah tugas. l dew

INFORMASI TERBARU

Semoga Para Haji GMP Kembali dengan Selamat
Warta Tawon Monday, 12/09/2016
Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)
Anak Ge - Em Wednesday, 31/08/2016
Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan
Warta Tawon Wednesday, 31/08/2016
Panen Raya Tebu di Tubaba
Fokus Tawon Tuesday, 30/08/2016
Lomba Tumpeng HUT RI
Dinamika Tawon Saturday, 20/08/2016
199 Pelajar Peroleh Beasiswa KGM
Anak Ge - Em Saturday, 20/08/2016