Koperasi Harus Semakin Mandiri

Warta Tawon Thursday, 31/03/2016



Koperasi Harus Semakin Mandiri

Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh KGM secara bersih pada tutup buku tahun 2015 turun 8,9 persen. Demikian laporan pengurus KGM pada Sidang Pleno RAT Tahun Buku 2015, di GSG Perumahan II, (31 Maret 2016). Dalam sidang tersebut tampak hadir General Manager PT GMP, Lim Poh Ching, para kepala departemen, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lampung Tengah Syahriza, SH, MM., serta Bapak Weddie Andrianto dan staf dari Akuntan Publik, para pembina KGM, pengurus, pengawas, dan Staf KGM. Pak Lim dalam sambutan menyampaikan masih banyak hal yang bisa dilakukan KGM untuk bisa meningkatkan kesejahteraan anggota, yakni melalui pengembangan usaha yang berlandaskan pada kemandirian koperasi. “Perlu ditegaskan bahwa pengembangan usaha harus didukung administrasi internal KGM yang tertib. Hal ini akan memudahkan pengawasan pengurus, karena akan banyak urusan yang dialihkan dari pengurus kepada para pegawai KGM dan profesional,” pungkasnya.

Pada Sidang Tutup Buku Tahun 2015 memang perolehan SHU KGM mengalami penurunan, tetapi jika menilik grafik pergerakan perolehan SHU dari sektor bisnis, raihan SHU cenderung mengalami peningkatan. Pergerakan positif ini menjadi bukti keseriusan para pengurus dalam menyejahterakan anggota. Sebagai upaya menyejahterakan anggota, pengurus menjalankan aneka bisnis; simpan pinjam, perdagangan gula pasir, suplai barang, perkebunan sawit, penjualan bagas, tetes, listrik, ternak sapi, produksi batako, bengkel dan traktor, dan lain-lain.

Memang, tidak semua usaha sesuai dengan proyeksi yang direncanakan. Tidak pula meraih laba lebih banyak dari tahun lalu. Ada pula beberapa bisnis dalam perjalanan meleset dari target tetapi ada pula yang menghasilkan omzet melebihi target.
Seperti pada usaha simpan pinjam. KGM mendapat perolehan sebesar 88,4 persen dari target. Sedang dari bisnis perdagangan gula pasir, koperasi meraih pendapatan 78,1 persen dari target.


Begitu pula dari suplai, koperasi memeroleh persentase 66,1 persen dari target. Hal sama terjadi pada sektor perkebunan sawit.
Pada perjalanan usaha tahun 2015 KGM meraih 68,2 persen dari target yang ditentukan. Sementara dari usaha bagas, tercatat perolehan hampir mencapai target yakni 92,1 persen. Perolehan nyaris mencapai target juga tercatat dari sektor usaha tetes yakni 87,9 persen. Dari usaha bengkel dan traktor, KGM hanya meraih 52,3 persen dari target.
Para anggota dan pengurus boleh lega dengan perolehan hasil dari sektor ternak sapi yang melebihi target, yakni berhasil meraih 126,8 persen. Kelegaan bertambah dengan perolehan dari usaha batako mencapai 140,3 persen.

Meningkatkan SDM
Pengurus KGM tidak hanya fokus menggeluti bisnis. Mereka juga berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia agar lebih kompetitif. Langkah nyata, pengurus telah mengadakan beberapa pelatihan. Antara lain pelatihan tentang UU Perkoperasian dan Kebijakan Pemerintah terhadap koperasi. Berikut sistem organisasi dan operasional, serta sistem akuntansi dan keuangan KGM, pada 2 Juli 2015, di GSG Perumahan II.


Pelatihan dengan narasumber dari Dinas Koperasi Lampung Tengah ini diikuti 65 peserta terdiri atas ketua kelompok, kasir kelompok pembantu umum, dan pengurus.Kegiatan lain, KGM juga melaksanakan kepedulian sosial dengan memberikan beasiswa kepada para pelajar berprestasi dan pembangunan daerah kerja. KGM juga menyelenggarakan lomba melibatkan para pelajar TK-SMP dalam rangka hari koperasi. Agenda KGM tidak kalah penting memberikan pembekalan wawasan para anggota calon purnakaryawan pada 19-20 November 2015. Pembekalan berupa pemberian materi dengan mendatangkan narasumber sesuai profesi masing-masing. Pembekalan ini diikuti 65 pasang peserta dan diajak karyawisata ke Bandung-Bogor pada 22-25 November 2015. l dew

INFORMASI TERBARU

Semoga Para Haji GMP Kembali dengan Selamat
Warta Tawon Monday, 12/09/2016
Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)
Anak Ge - Em Wednesday, 31/08/2016
Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan
Warta Tawon Wednesday, 31/08/2016
Panen Raya Tebu di Tubaba
Fokus Tawon Tuesday, 30/08/2016
Lomba Tumpeng HUT RI
Dinamika Tawon Saturday, 20/08/2016
199 Pelajar Peroleh Beasiswa KGM
Anak Ge - Em Saturday, 20/08/2016