Persiapan SDN 01 Menghadapi Lomba UKS Nasional

Warta Tawon Wednesday, 30/03/2016



Persiapan SDN 01 Menghadapi Lomba UKS Nasional

Para Siswa Terlibat Penuh

 

Tiga bulan terakhir ini para guru SDN 01 GMP memiliki kesibukan lebih dibanding hari-hari sebelumnya. Aktivitas yang dimulai pagi hari menjelang kegiatan belajar mengajar dimulai baru berakhir malam hari. Bahkan tidak jarang larut malam menjelang pergantian hari.

Kepadatan kegiatan para guru SDN 01 ini berkaitan erat dengan persiapan sekolah menghadapi lomba UKS tingkat Nasional. Aneka persiapan mulai dari membentuk kelompok kerja (Pokja) yang selama ini sebagian Pokja belum terbentuk, menyediakan sarana dan prasarana yang perlu dilengkapi, hingga mendokumentasikan dalam wujud foto dan video.

Semua keperluan harus dituntaskan secepat mungkin karena penilaian akan dilakukan medium tahun ini. Semua pihak turun tangan bahu membahu menuntaskan tugas yang masih menjadi pekerjaan rumah. Seperti saat Tawon melihat langsung persiapan, meski hari telah larut malam, sejumlah bapak guru masih terlihat memasang poster dan banner berkaitan dengan lomba UKS.

Kepala SDN 01, Nanik Ernawati, S.Pd, S.Th., pun tidak kalah sibuk. Bahkan hampir setiap hari dia harus mondar mandir ke Pemerintah Provinsi Lampung. Sepekan bisa empat kali bahkan lebih.

“Ini semua demi persiapan maksimal menghadapi lomba UKS Level Nasional,” ujarnya kala berbincang dengan Tawon.

Dalam setiap kesempatan, bu Nanik menginstruksikan kepada seluruh guru agar terlibat aktif menghadapi lomba UKS Nasional. Para guru yang terlibat dalam Pojka diminta untuk menyiapkan masing-masing Pokja hingga menertibkan administrasi.

Setiap personel yang terlibat dalam Pokja yakni para siswa juga telah mendapat pelatihan sesuai bagian kerja masing-masing. Seperti misal kelompok kerja UKS. Para personel dokter kecil yang bertanggungjawab penuh mengelola UKS telah mendapat pelatihan baik menggunakan peralatan yang tersedia, memberikan perawatan medis, hingga mendokumentasikan laporan secara administratif.

Para dokter kecil yang telah melalui pelatihan ini juga cakap ketika diminta mempresentasikan tugasnya. Seperti salah satu dokter kecil bernama Bima. Ketika dia diminta memaparkan cara cuci tangan yang baik dan benar, dia segera mempraktikkan dengan disertai penjelasan yang lugas dan mudah dipahami.

Beralih menuju kelompok kerja lain yakni kantin atau warung sekolah. Di kelompok kerja ini para personel yang bertugas juga menunjukkan kecakapan mengelola kantin sekolah. Saat bel istirahat berdentang, para petugas segera menuju kantin untuk melayani pembeli. Petugas terbagi menjadi dua bagian, yakni petugas pelayan makanan dan petugas kasir.

Meski saat menuju kantin sekolah para siswa datang berombongan, tetapi mereka terlihat antre kala hendak membeli makanan atau minuman. Aneka makanan yang dijual di kantin juga merupakan makanan dan minuman hasil olahan ibu-ibu yang tinggal di sekitar sekolah.

Agar tangan tetap dalam keadaan bersih sebelum menikmati makanan dan minuman, para pembeli dapat mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan di area kantin. Kemudian menikmati di meja makan yang telah disediakan.

Beralih menuju kelompok kerja keterampilan. Aktivitas yang dilakukan para personel kelompok kerja ini membikin setiap siapa saja yang melihat kegiatan mereka mampu berdecak kagum. Mereka sungguh kreatif. Aneka sampah plastik bekas bungkus makanan dan sedotan minuman mereka kreasi menjadi barang-barang bernilai guna.

Seperti bekas bungkus sachetan kopi atau makanan, mereka olah menjadi anyaman tas dengan corak apik dan menarik. Begitu pula sedotan, bisa mereka sulap menjadi tas anyaman yang kuat dan multifungsi. Daya kreativitas anak-anak di bawah asuhan pak Wel ini perlu diapresiasi secara positif.

Di SDN 01 memiliki 18 Pokja yakni: Pertamanan, Koperasi, PHBS, Kantin, Tempat Ibadah, Kesenian (musik dan tari), Apotek Hidup, Warung Hidup, Pramuka, Narkoba, Pupuk Kompos, UKS, Konservasi, Perpustakaan, BK, Keterampilan, Keramba Ikan, Ekstrakurikuler Olahraga. Keberadaan Pokja ini menjadi syarat mutlak bagi sekolah yang akan mengikuti lomba UKS Nasional.

Menurut bu Nanik, pada saat penilaian oleh tim dari Jakarta, anak-anak setiap Pokja yang akan menyampaikan presentasi mengenai tugas masing-masing. Semoga, SDN 01 lolos meraih prestasi dalam lomba UKS Nasional. dew

INFORMASI TERBARU

Semoga Para Haji GMP Kembali dengan Selamat
Warta Tawon Monday, 12/09/2016
Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)
Anak Ge - Em Wednesday, 31/08/2016
Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan
Warta Tawon Wednesday, 31/08/2016
Panen Raya Tebu di Tubaba
Fokus Tawon Tuesday, 30/08/2016
Lomba Tumpeng HUT RI
Dinamika Tawon Saturday, 20/08/2016
199 Pelajar Peroleh Beasiswa KGM
Anak Ge - Em Saturday, 20/08/2016