Optimisme dengan Pohon cita-cita

Anak Ge - Em Monday, 01/08/2016



Menanamkan Sikap Optimistis Melalui Pohon Cita-cita

Cita-cita merupakan sebuah impian yang sedang diusahakan. Agar terus terjaga hingga terealisasi, siswa-siswi Kelas IX SMP Satya Dharma Sudjana PT GMP menyuarakan cita-citanya melalui pohon harapan.

Setiap masing-masing siswa di setiap kelas harus menulis cita-cita dan harapannya dalam jangka pendek yang ingin diraih, seperti keinginan melanjutkan sekolah, jurusan yang dipilih saat di sekolah atas, sasaran pilihan saat perguruan tinggi, hingga profesi nanti.

“Menulis mimpi dan keinginan di pohon cita-cita membuat para siswa akan terus menjaga mimpi hingga terealisasi,” ucap guru Bimbingan Konseling (BK) SMP SS, Pradana Vidyawati, S.Psi kepada Tawon, Jumat (2/9).

Melalui rangkaian pohon cita-cita ini guru BK mengamati cara kerja, komunikasi siswa, upaya saling menghargai, dan cara mengambil keputusan siswa dalam kelompok, mendokumentasikan dan merekap  setiap tulisan yang ditulis di pohon harapan sebagai komitmen siswa.

Dari hasil evaluasi diketahui siswa yang komitmen atas impiannya, yang bisa meraih target nilai, dan lebih percaya diri dalam berinteraksi di kelas maupun luar kelas ini mampu mengeksplorasi cita-cita karena semua terlibat dan berperan aktif. Hasil dari karya cipta ini adalah mengetahui berbagai cita dan harapan siswa dalam jangka pendek, kekompakan yang terjalin, hasil akhir yaitu melatih siswa membuat rencana kerja ke depan.

Setelah selesai membuat pohon cita-cita menyangkut perencanaan para siswa dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Kemudian siswa diminta mengekplorasi perasaan yang dialami selama menulis cita dan harapannya di pohon cita-cita. Pada momen ini guru BK menganalogikan dan menghubungkan dengan keadaan riil siswa. Perlahan dan pasti siswa mulai memahami dan memperbaiki diri untuk meraih impian dan harapan dan bekerja sama antar teman.

Melalui penulisan cita-cita, para siswa diharapkan tidak lagi mengalami kebingungan dalam menentukan arah mencapai cita dan keinginannya. l dew

INFORMASI TERBARU

Semoga Para Haji GMP Kembali dengan Selamat
Warta Tawon Monday, 12/09/2016
Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)
Anak Ge - Em Wednesday, 31/08/2016
Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan
Warta Tawon Wednesday, 31/08/2016
Panen Raya Tebu di Tubaba
Fokus Tawon Tuesday, 30/08/2016
Lomba Tumpeng HUT RI
Dinamika Tawon Saturday, 20/08/2016
199 Pelajar Peroleh Beasiswa KGM
Anak Ge - Em Saturday, 20/08/2016