35 Siswa SMP SS Masuk SMA Tanpa Tes

Fokus Tawon Tuesday, 14/06/2016



Almamater SMP SS patut  berbangga atas keberhasilan 35 siswanya melanjutkan jenjang pendidikan ke bangku seko­lah lanjutan tanpa tes. Mereka me­lenggang bermodal nilai rapor aka­demik dan piagam prestasi perlom­ba­an. Ke-15 siswa itu diterima di SMA, SMK, dan MAN di wilayah Lampung Tengah, Tulangbawang, dan Bandarlampung.

Seperti dua orang siswa diterima di SMAN 1 Kotagajah, 10 orang di SMAN 1 Terusan Nunyai, lima orang di SMK 1 Tulangbawang Te­ngah, satu orang di MAN Model Ban­­dar­lampung, enam orang di MAN 1 Lampung Tengah, satu orang di SMA Al-Kautsar, dua orang di YP Unila, dan satu orang di SMA Ke­banggsaan Kalianda (semimiliter).

Keberhasilan mereka dapat me­leng­gang dengan mudah melanjut­kan pendidikan ke jenjang lebih ting­gi karena berbekal nilai rapor yang cukup bagus dan piagam-piagam prestasi yang pernah diperoleh sela­ma belajar di SMP. Terutama piagam dari berbagai lomba berjenjang se­perti OSN, O2SN, dan FLS2N.

Guru Bimbingan Konseling SMP SS, Pradana Vidyawati, S.Psi., menya­takan rerata siswa yang memiliki pe­ngalaman prestatif di ajang perlom­ba­an dan memiliki piagam, lebih di­prioritaskan oleh panitia penerimaan siswa baru.

“Dan para alumni SMP SS yang berprestasi baik akademik dan non­aka­demik saat di SMA biasanya me­ngalami perkembangan yang sangat baik,” katanya kala berbincang de­ngan Tawon.

SMK dan MAN Kini Dilirik

Ibu Pradana menambahkan, se­iring meningkatnya kualitas pendi­dik­an di SMK dan MAN, dua seko­lah itu kini mulai dilirik para alumni SMP SS. Lulusan SMP SS paling ba­nyak masih menyasar MAN 1 Pon­cowati Lampung Tengah. Sekolah ini dipilih karena dari segi jarak relatif dekat dari Gunung Madu. Selain itu terdapat fasilitas kendaraan antar-jemput sehingga para pelajar tidak perlu indekos.

Sementara siswa lain, ada bebe­ra­pa pula yang kepincut masuk di MAN 1 Model Bandarlampung. Se­ko­lah dengan akreditasi A ini menjadi pilihan karena terbukti berhasil men­cetak siswa berprestasi baik di level provinsi maupun Nasional.

Begitu pula SMK, saat ini menja­di buruan tempat belajar lanjutan pas­ca-SMP karena sekolah ini me­mang identik sebagai pencetak gene­rasi berketerampilan andal yang siap kerja. Alasan ini memantik antusias­me alumni terhadap SMK.

Bagi sebagian siswa, duduk di bangku SMK bukan sekadar belajar, tapi juga dapat menyalurkan hobi. Selain itu SMK memiliki keunggulan khususnya dalam hal penguasaan ke­terampilan yang sangat berguna di dunia kerja.

Ibu Pradana menambahkan, pres­tasi, bakat, dan minat siswa perlu di­asah sejak dini dengan mengikuti ane­ka kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di SMP. Selain akan memiliki pengalaman lebih, dengan mengikuti ekstrakurikuler juga membuat siswa berkesempatan berprestasi.

Para siswa SMP SS dapat me­ngembangkan minat dan bakat de­ngan mengikuti kegiatan ekstrakuri­kuler. Ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah meliputi bidang akademik dan nonakademik. Bidang akademik antara lain Lomba Peneli­tian Ilmiah Remaja (LPIR) dan Olim­piade Siswa Nasional (OSN) menca­kup mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS.

Sementara bidang nonakademik ada Pramuka dan olahraga. Dalam bi­dang olahraga, para siswa telah mam­pu menun­jukkan prestasi pada Olim­piade Olah­raga Siswa Nasional (O2SN). Prestasi yang terukir Juara II bulu­tang­kis pu­teri dan Jua­ra III tenis meja pute­ra tingkat Ka­bupaten Lam­pung Tengah.

Berturut-turut Juara I terukir pres­tasi dari cabang olahraga tenis meja puteri, atletik putri, pencak silat dan ka­rate putra dan putri, bola voli pu­tra, dan renang putra. Disusul Juara II tingkat Kabupaten Lampung Te­ngah dari cabang sepak bola, bulu­tangkis ganda putra, dan bulutangkis tunggal putra.

Para siswa SMP SS juga mampu berbicara banyak dalam bidang seni. Pada Festival Lomba Seni Siswa Na­sional (FLS2N) tingkat Kabupaten Lampung Tengah, mereka berhasil meraih Juara I lomba gamelan tradi­sional dan Juara III cipta puisi.

Kemu­dian tingkat Kecamatan Terusan Nu­nyai, delegasi SMP SS berhasil me­nyabet Juara I dari story telling dan cipta cerpen, Juara II seni baca Qur’an dan seni lukis, dan Juara III dari vokal group, tari, dan solo song. l dew

 

INFORMASI TERBARU

Semoga Para Haji GMP Kembali dengan Selamat
Warta Tawon Monday, 12/09/2016
Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)
Anak Ge - Em Wednesday, 31/08/2016
Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan
Warta Tawon Wednesday, 31/08/2016
Panen Raya Tebu di Tubaba
Fokus Tawon Tuesday, 30/08/2016
Lomba Tumpeng HUT RI
Dinamika Tawon Saturday, 20/08/2016
199 Pelajar Peroleh Beasiswa KGM
Anak Ge - Em Saturday, 20/08/2016