Molasses / Sugar Blackstrap

Artikel Friday, 15/04/2016



Molases atau yang biasa disebut tetes tebu merupakan salah satu limbah produk hasil dari pengolahan gula tebu yang sudah tidak dapat dikristalkan lagi dan masih mengandung material gula dan non gula (organic). Molases memiliki bentuk berupa cairan yang kental berwarana coklat, dengan kandungan sukrosa yang cukup tinggi yaitu 48%-55% sehingga seringkali dijadikan bahan baku untuk pembuatan etanol. Pada umumnya, molases juga digunakan untuk ruang lingkup peternakan dan juga pertanian.

Tetes tebu merupakan limbah pabrik gula yang mempunyai banyak manfaat dan juga sangat membahayakan, tergantung pada penggunaannya. Tetes tebu sangat membahayakan apabila digunakan sebagai pupuk langsung ke lahan pertanian tanpa diolah / di proses dahulu. Hal ini disebabkan karena tetes tebu mempunyai kandungan Sodium dan alcohol yang sangat tinggi dari rantai karbon kandungan gula yang tidak bisa terproses kristalisasi, sehingga tetes tebu dapat merusak struktur tanah, menyebabkan degradasi kesuburan tanah dan pada akhirnya dapat mengurangi kualitas dan kuantitas produk pertanian yang mempergunakan tetes tebu sebagai pupuk.

Manfaat lebih Tetes tebu dalam bahan baku pembuatan produk-produk seperti MSG, Ethanol, Pelet, Kecap, Lysin dan juga Biofuel (bahan bakar alami) dirasa semakin meningkat seiring perkembangan jaman. Di negara Jepang dan Korea penggunaan tetes tebu sebagai sebagai bahan baku pembuatan biofuel semakin ditingkatkan. molases juga digunakan untuk bahan baku pembuatan MSG, gasohol, alkohol, dan juga sebagai pembentuk asam sitrat yang nantinya semua bahan tersebut digunakan untuk pembuatan aneka bahan baku makanan dan juga obat-obatan. Selain itu tetes tebu dalam jumlah besar dibutuhkan beberapa sentra peternakan, Tetes tebu dimanfaatkan secara maksimal sebagai bahan campuran pakan ternak/minum ternak, sebagai bahan campuran jamu penggemuk ternak dan juga untuk fermentasi pakan buatan & fermentasi kotoran ternak.

INFORMASI TERBARU

Semoga Para Haji GMP Kembali dengan Selamat
Warta Tawon Monday, 12/09/2016
Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)
Anak Ge - Em Wednesday, 31/08/2016
Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan
Warta Tawon Wednesday, 31/08/2016
Panen Raya Tebu di Tubaba
Fokus Tawon Tuesday, 30/08/2016
Lomba Tumpeng HUT RI
Dinamika Tawon Saturday, 20/08/2016
199 Pelajar Peroleh Beasiswa KGM
Anak Ge - Em Saturday, 20/08/2016