[«] Penanganan limbah

 

... Pelestarian lingkungan untuk usaha berkelanjutan ...

 

Kolam Anaerob

PENDAHULUAN

PT GMP menyadari keberadaan dan kelangsungan hidupnya terkait erat dengan mutu dan kondisi lingkungan (SDA dan Sosial). Pengelolaan lingkungan bukan hanya kewajiban tetapi sudah merupakan kebutuhan mendasar dan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Berdasarkan hal tersebut diatas diharapkan konservasi tanah dan air, penggunaan SDA secara bijaksana, pengendalian hama secara hayati, eksplorasi ekologis, pemilihan teknologi ramah lingkungan, dan mengutamakan 6R dalam pengelolaan limbah.
Tahapan penanganan limbah (6R), yaitu


PENANGANAN LIMBAH CAIR

Limbah cair dari pabrik (Effluent) sebelum dialirkan ke sungai terlebih dahulu dilakukan pengolahan pada unit pengolahan limbah (IPAL) agar memenuhi standar baku mutu yang telah ditetapkan oleh kementrian lingkungan hidup. Pada tahun 2006 telah dilakukan penilaian oleh team dari kementrian lingkungan hidup terhadap PT GMP dan telah memperoleh sertifikasi PROPER berperingkat biru. Masyarakat sekitarpun dapat menikmati manfaat ikan air tawar yang dibudidayakan dan berkembang biak dengan normal pada kolam effluent dengan cara memancing.

Tahapan dalam pengolahan limbah cair dari pabrik di IPAL, yaitu melalui pengolahan secara berkelanjutan dan terkontrol yang dilakukan di kolam-kolam penampungan limbah. Pengolahan limbah cair di IPAL secara umum melalui proses anaerobic dan aerobic.

Kolam Aerasi

Bio indikator

 

PENANGANAN LIMBAH PADAT / PRODUK SAMPING

Surplus Bagasses

•Bagasses (30-34% tebu)

+27% digunakan sebagai bahan bakar boiler pada masa on season, surplus +6% dimanfaatkan kembali dalam masa off season sebagai bahan bakar boiler setelah sebelumnya melalui unit dewatering mill dilakukan proses pemerahan untuk mengurangi kadar air.

Filter Cake / Blotong (4,5-5% tebu)

Dimanfaatkan kembali sebagai pupuk organik penyubur dan memperbaiki struktur tanah.

Ash / Abu Boiler (1,5-2,0% tebu)

Sebagai pencampur dalam pembuatan pupuk organik yang menggunakan filter cake.

•Pengendalian Emisi Gas Buang Boiler

Pengendalian emisi udara lingkungan pabrik secara periodik bekerja-sama dengan team dari BARISTAND untuk melakukan analisa emisi udara di lingkungan pabrik dan sekitarnya termasuk emisi gas buang dari boiler.

Mollasses / Tetes (4,5-5% tebu)

Molasses merupakan produk samping yang dijamin kualitas dan keamanannya sebagai bahan pakan ternak dan telah mendapat sertifikasi GMP + Standard B2 100% produk mollasses di ekspor.

 

Cerobong Boiler

Tangki penyimpanan dan aktifitas muat molasses

Kembali keatas